Sunday, August 11, 2013

mengenal lebih dekat tembang bali atau lagu bali

tembang bali atau kalau bahasa indonesianya adalah lagu bali memang sangat khas sekali. ada banyak sekali tembang bali yang bisa anda nikmati misalnya meon-meong, raja pala, bali hai, rusing jodoh, kangen ngemanesin, tusing side gelahang, tutur ayu, dll. banyak juga penyanyi-penyanyi atau kelompok musik/band bali misalnya trio januadi, widi widiana, yong sagita, nanoe biroe, dek ulik, dll.
Pada umumnya tembang bali mempunyai irama hentakan yang lebih cepat daripada musik-musik tradisional/tembang daerah lain seperti jawa dan sunda.

tembang bali biasanya dipamerkan pada acara-acara resmi atau untuk menarik wisatawan. disertai juga dengan tari-tarian tradisional bali. tari bali sendiri agak berbeda dengan tarian tradisional jawa. pada tarian jawa biasanya penari bergerak sangat pelan dan lemah gemulai. sedangkan pada tarian bali biasanya penari bergerak dengan postur tubuh kaku, dan menunjukan ekspresi muka dan permainan emosional mata sesuai dengan hentakan musik/tembang bali yang dibawakan.

begitulah Indonesia, negeri ini memang kaya sekali ke aneka ragaman budaya. lain daerah, lain lagi tembang dan tarianya meskipun secara geografis daerah tersebut berdekatan.

mau lihat video klip tembang bali? silahkan lihat di link youtube berikut ini:


No comments:

Post a Comment