Saturday, August 10, 2013

Film bali - cara efektif untuk mengenalkan pantai, wisata dan budayabali pada dunia

Film Bali - Pulau bali merupakan surganya pariwisata indonesia. tidak hanya turis lokal, bali sudah dikenal oleh seluruh dunia. bahkan sebagian dari mereka lebih mengenal bali daripada indonesia sendiri. bali memang sudah dikenal luas oleh masyarakat dunia sejak dulu. tapi seiring dengan ketatnya persaingan dunia pariwisata dengan negara lain, tanpa melakukan promosi bukan tidak mungkin pariwisata bali akan meredup. salah satu cara berpromosi yang efektif adalah melalui film, baik layar kaca, layar lebar atau bahkan online. yang paling murah dan sangat efektif adalah melalui online yaitu dengan mengunggahnya pada situs-situs populer seperti youtube. indonesia sendiri sudah banyak menghasilkan film-film yang ditujukan untuk mempopulerkan pariwisata bali, kebanyakan adalah film-film pendek. ada juga film drama berskala hollywood yang mengambil latar bali sebagai lokasi syutingnya seperti film pray, eat and love, yang merupakan film garapan hollywood.
sedangkan film-film bali lainya misalnya film bali is my life diproduksi oleh bali hotels association yang memperlihatkan kekayaan budaya dan ekosistem di bali. video dari film dokumenter bali is my life bisa anda lihat di bawah ini:






Film bali lainya yaitu "lampion-lampion" berhasil meraih juara pertama pada festival fil kearifan budaya lokal 2011. Film bali garapan dwitra j. ariana tersebut diproduksi dengan menelan biaya sekitar Rp.20jt dan digarap selama kurang lebih 2 bulan.

Sedangkan juara keduanya adalah film bali dengan judul "Baris Cina" garapan Gde mantrayasa yang merupakan produksi dinas kebudayaan kota denpasar.

dan masih banyak lagi film-film bali lainya yang bertujuan untuk memajukan pariwisata di bali.

semoga dengan hadirnya film-film tersebut bisa membawa dampak positif disegala sektor baik secara kusus untuk pariwisata bali sendiri dan juga untuk indonesia secara umum.

No comments:

Post a Comment