Thursday, December 20, 2012

Geliat Patung Batu di Yogyakarta

Yogyakarta adalah pusat produksi patung batu. Anda dapat menjumpai showroom-showroom yang menjual aneka patung di sepanjang Jalan Imogiri Barat dan Jalan Magelang-Muntilan. Daerah Jogjakarta dan sekitarnya mendapat keberuntungan dari industry patung batu karena bahan baku batu lava tersedia sangat melimpah. Apalagi, Jogjakarta sudah dikenal oleh dunia sebagai daerah tujuan wisata utama Indonesia. keberadaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan menjadi daya tarik utama pariwisata. Candi Borobudur dibuat dari susunan batu andesit yang dipahat. Patung batu Buddha di Candi Borobudur berbahan dasar batu lava.




[caption id="" align="aligncenter" width="375"]patung Singa Air Mancur patung Singa Air Mancur[/caption]

seniman patung seniman patung  patung Buddha Garden Set seniman patung


Batuan andesit tersebut berasal dari erupsi Gunung Merapi. Kita pasti ingat dengan peristiwa erupsi Gunung Merapi di tahun 2010. Dampak lahar dingin dapat menutupi Jalan Magelang. Bongkahan batu berukuran raksasa bisa hanyut terbawa oleh arus lahar dingin hingga mencapai puluhan kilometer. Erupsi Gunung merapi menjadi berkah bagi masyarakat Muntilan-Magelang. Pasir dan batuan lava menjadi lahan penambangan. Batu berukuran raksasa ini dipakai sebagai bahan baku pembuatan patung batu.
Pusat produksi patung batu berasal dari Kecamatan Muntilan. Ada dua desa yang memproduksi seni pahat batu. Dua desa tersebut adalah desa Tamanagung dan Desa Keji. Letak kedua desa tersebut berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Jogja. Para pengrajin di dua desa tersebut sudah memiliki ketrampilan memahat batu sejak dari nenek moyang mereka. Pada awalnya, mereka membuat patung batu bentuk sosok Budha. Seiring dengan permintaan pasar, mereka memproduksi aneka bentuk patung.
Di sepanjang Jalan Magelang-Muntilan terdapat ratusan showroom yang menjual hasil karya para pengrajin patung batu. Harga yang ditawarkan oleh mereka bervariasi. Harga termurah mulai dari Rp 15.000. sedangkan harga patung yang mahal bisa mencapai satu juta lebih. Pembeli patung batu berasal dari masyarakat lokal dan wisatawan mancanegara. Pembeli dari Eropa dan Amerika bisa memesan aneka bentuk patung dalam jumlah yang banyak. Nilai penjualan patung batu tersebut bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.
Bentuk patung batu yang sering dipesan oleh pembeli dari Eropa dan Amerika adalah patung Budha, Dewi Sri, Dewa Wisnu dan Dewa Tara. Pengrajin pahat batu dapat menerima pembuatan seni batu sesuai keinginan pelanggan. Panel batu berukir, air mancur batu sering dipesan oleh pengembang sebagai elemen pelengkap taman. Dua desa tersebut terkenal juga sebagai desa wisata. Bagi anda yang ingin mengetahui cara pembuatan patung batu dapat belajar di sini. Lokasi yang tidak jauh dari kota Jogjakarta memudahkan Anda untuk mencapai kedua desa tersebut.

No comments:

Post a Comment